Mengenal Sekolah Murid Merdeka (SMM), Homeschooling Terbaik untuk Buah Hati

Mencari homeschooling yang bagus dan berkualitas memang tidak mudah. Untuk itu Sekolah Murid Merdeka hadir untuk memenuhi kebutuhan anak-anak Indonesia gua mendapatkan pendidikan berkualitas yang sesuai dengan karakter dan passion mereka. 

Sekolah Murid Merdeka didirikan 2019 oleh Najelaa Shihab dan dikembangkan oleh para profesional di bidang pendidikan dan teknologi. Lembaga pendidikan ini memiliki sistem belajar yang interaktif dan kompeten.

Berikut informasi lengkap seputar SMM yang akan dibahas dalam artikel ini.

Apa Itu Sekolah Murid Merdeka?

Sekolah Murid Merdeka (SMM), sebagai sekolah yang memadukan konsep homeschool dengan pendekatan sekolah konvensional melalui penggunaan metode belajar blended learning. 

Dengan mengintegrasikan teknologi digital, blended learning memberikan pengalaman belajar yang baru dengan menggabungkan sistem belajar luring dan daring. Metode blended learning sendiri mengombinasikan praktik pendidikan konvensional dengan pendidikan berbasis digital.

Blended learning di Sekolah Murid Merdeka (SMM) mendorong pengajar untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang menggabungkan elemen terstruktur dan tidak terstruktur.

Anak-anak di SMM mengikuti jadwal belajar rutin bersama guru dalam kegiatan terstruktur, baik itu melalui kelas daring maupun tatap muka. Di sisi lain, kegiatan tidak terstruktur mendorong mereka untuk melakukan aktivitas tambahan yang dapat memperluas pengetahuan mereka terkait materi yang sedang dipelajari. Fleksibilitas dalam pembelajaran juga ditekankan melalui kegiatan tidak terstruktur.

Melalui kedua jenis kegiatan ini, diharapkan anak-anak dapat mengembangkan regulasi belajar mereka dan menjadi lebih mandiri dalam proses belajar mereka.

Blended learning memberikan keuntungan berupa fleksibilitas dalam proses belajar bagi anak-anak di SMM. Dengan akses pembelajaran yang fleksibel melalui teknologi informasi, mereka dapat belajar sesuai dengan waktu dan tempat yang mereka pilih. 

Selain itu, metode ini juga membantu anak-anak merasa memiliki proses belajar mereka sendiri dan menumbuhkan tanggung jawab atas pilihan yang mereka buat.

SMM juga mengajak dan membimbing orang tua untuk terlibat aktif dalam mendukung pembelajaran anak-anak mereka. Kolaborasi antara sekolah dan orang tua dianggap penting untuk memaksimalkan pengalaman belajar dan perkembangan anak-anak.

Pendaftaran Sekolah Murid Merdeka (SMM)

Cara daftar sekolah murid merdeka bisa dilakukan secara online. Berikut adalah tata cara daftar SMM yang bisa kamu ikuti:

  • Lakukan pendaftaran melalui sekolahmuridmerdeka.id dan pilih jenjang yang ingin diikuti.
  • Isi formulir pendaftaran di sekolahmuridmerdeka.id
  • Ayah Bunda akan diarahkan ke bayar.sekolah.mu untuk melakukan pembayaran.
  • Klik “Pilih Paket” kemudian masukkan akun jika belum buat akun baru pastikan pengguna sebagai Murid. Satu akun murid untuk satu anak agar program pembelajaran tidak tercampur.
  • Pilih skema pembayaran, yaitu pembayaran penuh atau cicilan.
  • Lanjut ke pembayaran dan masukkan alamat pengiriman untuk learning kit.
  • Masukkan kode beasiswa kemudian klik bayar.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan yang berlaku. Adapun syarat pendaftaran SMM yang perlu dipenuhi adalah:

  • Anak yang masuk untuk jenjang PAUD usia minimal yakni berumur 2 tahun 6 bulan pada bulan Juli.
  • Anak yang masuk untuk jenjang SD kelas 1 minimal 6 Tahun pada 1 Juli tahun ajaran berjalan atau minimal 5 tahun 6 bulan dengan melampirkan surat rekomendasi dari psikolog.

Saat mendaftar, berikut adalah beberapa dokumen yang perlu dilengkapi:

  • Rapor jenjang sebelumnya.
  • Ijazah jenjang sebelumnya.
  • Surat Mutasi dari sekolah sebelumnya.
  • Kartu Keluarga.
  • Akta Kelahiran.

Seluruh dokumen tersebut dapat diunggah saat melengkapi Formulir Data Murid Paud/SD SMP SMA. Jika belum memiliki salah satu dokumen di atas, maka dokumen dapat menyusul dan dikirim melalui email ke:

Pastikan orangtua memberikan keterangan Data Murid di body email, seperti nama orang tua, nama anak, dan jenjang yang akan ditempuh di Sekolah Murid Merdeka.

Keseruan Belajar di Sekolah Murid Merdeka

Belajar di Sekolah Murid Merdeka memiliki banyak keunggulan dibandingkan sekolah umum lainnya. Salah satu hal unik yang hanya ditemui di SMM adalah aktivitas pembelajarannya menarik dan beragam.

Sekolah Murid Merdeka memiliki kelas tambahan yang bisa diikuti semua siswanya. Beberapa kelas tambahan tersebut, di antaranya adalah:

Playdate

SMM menyediakan aktivitas kelas tatap muka yang seru dan bermakna yang dilakukan di lokasi publik. Tentu, aktivitas ini akan didampingi oleh guru pendamping yang kompeten. 

Menariknya, playdate bisa diikuti oleh murid SMM maupun non SMM. Sehingga, siswa bisa lebih aktif berinteraksi dengan teman-teman sebaya mereka.

Kelas Trial

Jika anak atau orangtua belum yakin ingin sekolah di SMM, kami menyediakan kelas trial untuk memberikan pengalaman keseruan belajar secara live dan interaktif bersama guru berkompeten. Trial ini tersedia untuk semua jenjang pendidikan, dari murid PAUD hingga SMA. 

Field Trip

Siapa yang tidak suka belajar sambil bermain? Ya, inilah aktivitas unik lainnya yang ada di Sekolah Murid Merdeka. 

SMM memiliki kegiatan field trip, kegiatan belajar kelompok yang dilakukan di luar sekolah untuk mempelajari hal unik yang berbeda dengan keseharian anak.

Aktivitas ini diadakan setiap triwulan atau semester serta memiliki destinasi yang berbeda-beda pada setiap jenjangnya. 

Yuk, daftar dan cari tahu informasi selengkapnya dengan mengunjungi situs resmi Sekolah Murid Merdeka di sekolahmuridmerdeka.id. -RDRP-

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Informasi Terbaru