Kurikulum Masa Depan, Untuk Anak Masa Depan
Mendukung anak menjadi merdeka belajar, berkolaborasi dan berkarya.

Mudah Pahami Materi
dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi
- 12 Kompetensi Masa Depan sebagai target pembelajaran murid di sekolah.
- 5M metode pembelajaran terpersonalisasi sesuai minat dan bakat anak.
- 6 kategori program pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan murid.

Metode Pembelajaran
Blended Learning
Kombinasi Praktik Belajar Tatap Muka dan Daring
Pembelajaran yang hadir tanpa batas ruang dan jarak. SMM menerapkan metode Blended Learning yang mengkombinasikan praktik belajar secara luring (offline) dan daring (online), keduanya berbasis teknologi menggunakan Learning Management System (LMS). Dengan metode Blended Learning murid menjalani proses belajar langsung bersama guru (sinkronus) dan belajar secara mandiri dengan waktu fleksibel (asinkronus). Dengan Blended Learning, kolaborasi antara murid dan guru tak lagi terbatas lokasi—akses pembelajaran terbuka untuk semua, di mana pun mereka berada.



Kombinasi Belajar Terstruktur dan Tidak Terstruktur
SMM menggabungkan pembelajaran terstruktur berbasis Kurikulum Nasional dan Kurikulum SMM yang terpersonalisasi dengan pembelajaran tidak terstruktur yang mendorong eksplorasi dan berpikir mandiri. Anak tidak hanya memahami konsep pembelajaran, tetapi juga mengembangkan kompetensi masa depan.



Fleksibilitas Belajar
Dengan pembelajaran fleksibel, SMM memungkinkan anak belajar sesuai ritme dan kebutuhannya, baik melalui kelas daring maupun tatap muka. Pembelajaran tetap efektif, interaktif, dan sesuai perkembangan anak.



Kerja sama Orang Tua dan SMM
Pendidikan terbaik lahir dari kolaborasi antara sekolah dan keluarga. Di SMM, orang tua terlibat aktif dalam proses belajar anak melalui komunikasi terbuka, laporan belajar, dan kegiatan yang mendukung perkembangan potensi dan karakter mereka.



Diagram
Proses Pembelajaran

Pameran Karya
Kawan Murid SMM
Wadah kreatif untuk menunjukkan karya terbaik dari proses pembelajaran Kawan Murid

Pameran Karya SMM Duren Sawit

Pameran Karya SMM Bojongsari

Pameran Karya SMM Cilandak

Pameran Karya SMM Depok Jaya

Pameran Karya SMM Bintaro Sektor IX

Presentasi Karya SMM Bintaro Sektor IX

Papan Karya SMM Depok Jaya
Laporan Sumatif
Kawan Murid SMM
Pengukuran kompetensi murid dilakukan secara akurat melalui asesmen berbasis proyek yang otentik, asemen ini mencakup tiga komponen utama yaitu observasi, produk dan jurnal. Setiap proyek dapat mencakup satu, dua atau ketiga komponen tersebut, tergantung pada tujuan dan lingkup proyek yang ditetapkan. Dengan asesmen berbasis proyek, guru dan orang tua dapat melakukan pengamatan langsung terhadap murid selama proses pengerjaan asesmen.
Evaluasi dan asesmen di SMM terjadi dua arah: evaluasi dan asesmen dari setiap aktivitas yang diberikan oleh guru dalam setiap kelasnya terhadap Learning Objective, dan juga evaluasi dan asesmen terhadap aktivitas yang diselesaikan oleh murid.
Rapor Pembelajaran di SMM memberikan gambaran lengkap tentang perkembangan kompetensi dan potensi setiap murid selama satu semester berupa Rapor Deskriptif. Penilaian ini berbentuk umpan balik yang terperinci dan dipersonalisasi, berdasarkan hasil observasi guru terhadap aktivitas wajib yang dilakukan murid. Rapor ini mencantumkan capaian aktivitas, tahap perkembangan kompetensi, serta bidang studi yang diukur melalui asesmen. Rapor Deskriptif terbit setiap semester di semua program, memastikan setiap murid mendapatkan evaluasi yang menyeluruh dan mendukung pertumbuhan belajarnya.
Nikmati Pembelajaran Menyenangkan & Bermakna
Daftar Sekarang